6 Penemu Sepeda Motor Dan Sejarahnya

Sejarah sepeda motor diciptakan pada periode ke 19, perkembangan sepeda motor cukup pesat didunia. Kendaraan ini mempunyai dua buah roda dan digerakkan oleh sebuah mesin. Pengertian sepeda motor yaitu mempunyai letak roda-roda sebaris lurus dan ketika sepeda motor melaju dengan kecepatan yang tinggi maka akan tetap stabil alasannya adanya gaya giroskopik, sedangkan ketika dikendarai dengan kecepatan rendah sepeda motor akan tetap seimbang sesuai dari pengaturan setang oleh pengendara. Sepeda motor banyak digunakan alasannya harga yang relatif murah dan materi bakar atau biaya operaional cukup hemat. Selain itu sepeda motor juga gesit ketika kemudian lintas ramai, maka sanggup melewati kendaraan lain untuk menghindari kemacetan. Berikut telah aku uraikan mengenai sejarah dan penemu sepeda motor;

Sepeda motor tenaga uap

Sepeda motor awal dengan materi bakar uap yang di temukan oleh Pierre Michaux seorang cerdik besi dari Paris, Perancis. Penemu sepeda motor Pierre Michaux mendirikan perusahaan pertama berjulukan Michaux et Cie (Michaux and company). Sepeda motor tenaga uap pertama kali yaitu "Michaux-Perreaux steam velocipede" pada tahun 1867. Terciptanya tenaga uap ketika Pierre Ernest Michaux memperlihatkan mesin uap kecil. Pada tahun 1863 seorang karyawan dari Michaux telah menyebarkan sepeda motor dan mematenkan hasil dari yang ia kembangkan pada tahun 1866.

 perkembangan sepeda motor cukup pesat didunia 6 Penemu Sepeda Motor dan Sejarahnya
Sylvester H. Roper - penemu sepeda motor tenaga uap

Penemu sepeda motor Sylvester H. Roper dari Roxbury, Massachusetts menyebarkan mesin dengan tenaga uap pada tahun 1868 menggunakan materi bakar dari watu bara diantara rodanya dan menggunakan tenaga uap dua silinder. Pengembangan dalam inovasi sepeda motor oleh Roper berhenti ketika ia meninggal ketika mendemonstrasikan salah satu mesinnya di Cambridge, Massachusetts pada 1 Juni 1896.

Pada tahun 1868, Pematenan mesin satu silinder Michaux-Perreaux dengan menggukan tenaga uap oleh seorang insinyur Perancis Louis-Guillaume Perreaux mesin pencetus tersebut berbahan bakar alkohol dan sabuk pencetus ganda yang diciptakan dari Roper.

Pada tahun 1881, pengembangan mesin yang lebih kecil oleh Lucius Copeland. Sepeda motor dengan mesin pencetus dari uap tersebut mempunyai roda belakang besar dan kecepatan bisa 12 mph. Selanjutnya, Copeland mendirikan Northrop Manufacturing Co. pada tahun 1887.

Masa Eksperimen

Pada tahun 1884 Edward Butler mendesain sepeda motor yang dipublikasikan dengan menggunakan desain tiga roda atau disebut Butler Petrol Cycle. Kendaraan yang dibuat oleh Butler ialah desain pertama yang dipamerkan dalam ajang festival internasional 1885 di London.

Kendaraan sepeda motor kala itu merupakan sebuah karya seni yang menakjubkan. Sepeda motor dalam eksperimen ini belum dipasang sistem pengereman, kendaraan tidak boleh dengan cara menaikkan dan menurunkan roda kemudi belakang dengan tuas yang dioperasikan menggunakan kaki.

Sepeda motor dengan menggunakan materi bakar minyak bumi pertama kali di dunia yaitu Petroleum Reitwagen yang ditemukan oleh penemu Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Bad Cannstatt, Jerman pada tahun 1885. Sepeda motor ini terdapat penambahan 2 roda disamping sebagai penyeimbang dan apabila ketika membelok supaya tetap tegak atau tidak terjatuh. Para penemu memberi nama sepeda motor tersebut yaitu "Reitwagen".

Masa Peluncuran

Pada tahun 1880-an banyak desain dan mesin terbaru sudah bermunculan dari masing-masing produk. Periode awal sejarah sepeda motor telah banyak produsen yang menciptakan seri terbaru dari mesin-mesin yang canggih dan desain sepeda motor.

Tahun 1894, Hildebrand & Wolfmüller merupakan seri awal yang seutuhnya menjadi cikal bakal sepeda motor ibarat kini ini.

Tahun 1896, perusahaan sepeda motor "Excelsior Motor Company" di Warwickshire (Inggris) memproduksi model kendaraan dan diluncurkan ke publik.

Tahun 1896, kendaraan sepeda motor di Amerika produksi paling awal yaitu Orient-Aster, yang didirikan oleh Charles Metz pabriknya berbasis di Waltham, Massachusetts.

Tahun 1898, Peugeot Motocycles muncul di Paris Motorshow kendaraan tersebut dilengkapi dengan motor Dion-Bouton. Peugeot Motocycles merupakan pabrikan sepeda motor tertua di dunia.

Sejarah sepeda motor di indonesia sendiri sangat panjang perkembangan dari masa ke masa. Tahun-tahun tersebut memang menjadi tahun yang bersejarah, sesesudah tahun itu sepeda motor sudah mulai diproduksi secara masal di dunia. Sepeda motor berkembang pesat dilihat dari desain dan komponen pendukung mesin. Tingkat kenyamanan bagi pengendara, keselamatan dan penggunaan materi bakar sudah diperhitungkan. Perkembangan dan perubahan sepeda motor dari zaman ke zaman sesuai sumber daya insan itu sendiri. Kemungkinan sepeda motor akan beralih ke materi bakar ramah lingkungan di masa modern.

Penemu Sepeda Motor

Sepeda motor awal mulanya terbuat dari kayu dibuat sedemikian rupa, walaupun dahulu menggunakan tenaga uap dan berbunyi cukup berisik. Fungsi sepeda motor yaitu mempermudah dalam mempersingkat jarak dan waktu. Para penemu yang berkecimpung di dunia transportasi sangat besar lengan berkuasa dalam mengubah kehidupan manusia. Nah, dari sejarah dan penemu sepeda motor telah aku uraikan, di bawah ini aku simpulkan supaya mempermudah mengenal para penemu sepeda motor. Kesimpulan diatas mengenai penemu-penemu sepeda motor yaitu;
Penemu Temuan Tahun
Sylvester H. RoperSepeda motor tenaga uap1868
Louis-Guillaume PerreauxSepeda motor tenaga uap1868
Lucius CopelanSepeda motor tenaga uap1881
Edward ButlerButler Petrol Cycle1884
Gottlieb Daimler dan Wilhelm MaybachPetroleum Reitwagen 1885
Hildebrand & WolfmüllerSeri pertama sepeda motor1894

0 Response to "6 Penemu Sepeda Motor Dan Sejarahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel